Rabu, 11 Maret 2009

Agro Wisata Probolinggo


oleh : ryanxz
Pengarang : hendryan nugraha (TC)
Probolinggo tak hanya terkenal akan keindahan alam dan ragam budayanya, disisi lain Probolinggo juga disebut sebagai daerah dengan ciri khas Bayuangga yaitu kepanjangan dari bayu (angin), anggur dan mangga.
di daerah yang anginnya selalu bertiup kencang ini, sudah sangat terkenal dengan mangga Arumanis dan mangga madunya. Pada musim – musim tertentu sekitar bulan Oktober, mangga – mangga asal probolinggo ini membanjiri kota – kota besar lainnya seperti Jakarta. Harga jual mangga di kota memang agak mahal. Tetapi bagi anda yang mendapatkan harga mangga ini dengan harga murah dengan cara berkunjung secara langsung ke Probolinggo, disana dapat dijumpai banyak pedagang yang menjual mangga probolinggo. tak jarang para pendatang yang umumnya para pelancong atau wisatawan, menjadikan mangga probolinggo ini sebagai oleh – oleh

Mangga dari Probolinggo ini jika dibawa perjalanan jauh tidak akan mengurangi cita rasa buah tersebut, oleh karena itu belilah mangga yang masih mengkal untuk dibawa sebagai oleh – oleh. Bahkan banyak orang yang menyatakan bahwa mangga probolinggo sama manisnya dengan buah mangga yang paling manis dari daerah lain.
Selain mangga, buah – buahan yang khas lainnya adalah anggur probolinggo. Pengembangan anggur diawali dengan pembentukan keluarga tani sejahtera di Kel. Ketapang, Kec.Kademangan kemudian terbentuk 3 sub kelompok tani di Kec. Wonoasih yaitu : Kel. Tani Bango Jaya di Kel. Sumber Taman, Pemuda Tani di Kel. Jrebeng Lor dan Kel. Tani Sumber Barokah di Kel.Pakis Taji. Varietas yang dikembangkan umumnya dalah Red Prince dan Cardinal/Probolinggo Super. Kedua varietas tersebut warnanya merah rasanya manis tidak kalah dengan anggur impor.
Di Kabupaten Probolinggo sendiri, tepatnya di Desa Mranggon, Kec. Dringu, TC mengujungi perkebunan anggur milik Suyitno. Di lahan seluas setengah hektar tersebut kami bisa mencicipi anggur yang masih menggantung di pohonnya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cafe Brisix Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008